Tuesday, August 19, 2008

HTC Siap Sebar Ponsel Android

Produsen smartphone Taiwan HTC Corp hampir selesai membangun smartphone bersistem operasi Android.

Dikutip melalui Reuters, smartphone Android produksi HTC itu akan dipasarkan di AS paling cepat pada Oktober. Android adalah sistem operasi yang dikembangkan Google Inc untuk menantang sejumlah platform smartphone produksi Microsoft Corp, Research in Motion Ltd, Symbian Ltd, dan bahkan Apple Inc. Google pertama kali memperkenalkan Android pada November 2007.

Smartphone Android produksi HTC pertama kali akan dipasarkan operator seluler AS T-Mobile USA. HTC, Google, dan TMobile USA belum berkomentar mengenai rumor tersebut. Google sendiri sejak awal menargetkan, smartphone Android akan dipasarkan pada semester kedua (Juli-Desember) 2008.



Google bekerja sama dengan lebih dari 30 produsen ponsel dan operator seluler untuk mengembangkan Android. Firma riset Strategy Analytics memperkirakan, platform Android akan digunakan pada 2 persen smartphone dunia pada 2008. Berbagai prototipe smartphone Android mulai diperkenalkan pada Februari 2008.

Namun, prototipe tersebut belum berbentuk smartphone karena hanya ditujukan untuk membuktikan bahwa software Android dapat berjalan pada sejumlah hardware. Pada Mei 2008, sejumlah tim dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS, memperkenalkan pula beragam aplikasi yang dapat berjalan pada Android.

Software Android adalah open source sehingga bebas dimodifikasi oleh siapa saja. Dalam industri ponsel, platform open source yang lain adalah LiMo (Linux Mobile). Strategy Analytics memperkirakan, Android dan LiMo akan hadir berdampingan dalam industri ponsel karena masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan.

"Platform LiMo mendapatkan banyak dukungan dari operator seluler.Namun,Android mendapatkan pula banyak dukungan dari komunitas pengembangan software," kata analis Strategy Analytics Sravan Kundojjala.

Khafi Network by Kv
TI | Hp | Mp3 | Motivasi | Humor | Online Business

No comments:

Post a Comment